Bagaimana Pindah dari Mentari Tanpa Ganti Nomor?

Makin lama gw makin bete dengan Mentari, salah satu layanan kartu prabayar GSM dari Indosat. Sudah tarifnya tergolong cukup mahal dibanding beberapa layanan kartu prabayar lainnya, fitur-fitur yang disediakan juga sangat terbatas. Paling terasa adalah soal layanan GRPS yang tidak tersedia! 😡

Promosi-promosi yang digelarpun rata-rata hanya ditujukan untuk calon pengguna atau pengguna baru Mentari. Untuk pelanggan lama, bisa dibilang sangat jarang (kalau tidak mau dikatakan hampir tidak ada) 🙁

Mau ganti dengan prabayar lain jadi susah karena di sini kalo ganti operator lain mau gak mau harus ganti nomor juga. Padahal nomor Mentari gw udah kadung tersebar ke mana-mana. Gw jadi iri dengan sodara gw yang di Aussie yang bisa ganti-ganti provider GSM tanpa perlu ganti nomor…

Yang terpikir oleh gw, alternatif yang paling memungkinkan adalah pindah ke layanan IM-3. Mengingat posisi Mentari dan IM-3 berada dalam satu naungan Indosat, harusnya secara teknis tidak ada masalah. Dan gw pun berkirim e-mail ke pihak IM-3 untuk menanyakan kemungkinan itu. Inilah jawabannya:

Yth, Bapak Ben

Terima kasih telah menggunakan layanan www.m3-access.com kami. Sehubungan dengan pertanyaan Anda mengenai migrasi dari Mentari ke IM3, dapat kami informasikan sebagai berikut:

Untuk migrasi dari Mentari ke IM3 tidak dapat dilakukan, karena perbedaan nomor telepon prefix awalan, jadi hal tersebut masih belum bisa dilakukan. Untuk jaringan memang Indosat sudah 1 jaringan, namun untuk system masih ada perbedaan di beberapa aplikasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Salam,

Diah
Contact Center Officer
Administrator M3-ACCESS.com
Jl. Daan Mogot KM.11 Jakarta 11710 Indonesia
http://www.m3-access.com

Ada ide lain? 🙄

Print Friendly, PDF & Email

Ben

Blogger.

43 thoughts to “Bagaimana Pindah dari Mentari Tanpa Ganti Nomor?”

  1. hihihi senasib kita!

    gw pake mentari dari jaman harga perdana masih 200rb! hampir 8 bulan kebelakang karena hal yang sama gw mulai pake simpati sebagai nomor secondary untuk mendapatkan ‘fasilitas’ ekstra.

    ibaratnya di bank, BNI buat nabung, mandiri dan BCA buat kejar ‘fasilitas’. selamat tidak *sehati* lagi

  2. #6: wah, si eko kan pake matrix buat download torrent, itu juga dia pake tarif flat, jadi biar di tagihan berjuta2 dia cuma bayar 200 ribu buat internetnya

    btw, kalo di US, nomer telpon itu portabel, jadi ganti provider gak perlu ganti nomer. kapan ya di indonesia?

  3. wah ada juga toh di sini. saya juga mau banget pindah dari mentari tanpa ganti nomer.

    kalau di luar perjuangan hak konsumen sudah lebih maju, jadi nomer HP diartikan sebagai hak milik si pemakai. kalau disini masih lebih gampang utk si provider obral nomer baru, dan saya sangka kebanyakan orang cuek aja ganti nomer bikin temen2nya bingung.

    mungkin kalau semakin banyak suara seperti ini, provider akan lebih mempertimbangkan. provider manapun yang pertama bisa terima migrasi akan punya advantage dr provider lain.

    time for petition?

  4. Hmm Ben, gimana kalo emang udah bener2 kesel mau ganti nomer dan niat banget mau pindah, ya rada2 susah ini caranya tapi this is the best thing I can think since the Operator didn’t give u any solution 😀

    1. SMS multiple recipient, kasih tau ganti nomer.
    2. Ada fasilitas Divert/Call Forwarding ato sekitar itu deh, nah aktifin aja dengan forward ke nomer baru loe.
    3. Sebarkan info nomer baru secara gerilya melalui YM/milis semi-private/jalur pribadi lainnya unless loe ga keberatan broadcast nomer baru di Blog dan temen2 Blogger laen bantuin nyebar :))

    Sorry ye… itu doang yg kepikir :p

  5. om benny, masalah kita sama, mo ganti nomer, tapi nomer sudah terlanjur tenar banget 🙂

    #14 betul banget, apalagi kalau dibawah 10 ribu terus masa aktif hampir habis, omelannya panjang banget…

    #15 SPAM!!!! 😀
    *tendang andriansyah kembali kekampung*

  6. aku jg pengguna mentari dulunya, karena sebel akhirnya pindah. Tapi mentari tidak segara saya matikan, kadang dapet info kalo mentari lagi sms gratisan, saat gratisan itulah saya kabari semua temen di phonelistku bahwa : mumpung mentari lagi gratis sms, nomerku pindah ke sekian-² … 🙂

  7. Biar pindah antar operator yang berbeda pun secara teknis seharusnya feasible, biar berbeda seperti apa pun prefixnya, tinggal maen di routing (kasarnya). Lah wong buktinya di Aussie sini bisa kok, seperti saudaranya Benny itu. Kuncinya ya kerjasama antar operator, secara teknis harusnya bisa banget. Kalo mau bisa coba omong ke lembaga perlindungan konsumen utk melobi dept telekomunikasi utk menekan operator utk mengimplementasikan ini, karena walaupun tidak menguntungkan operator secara langsung tapi sangat menguntungkan konsumen. Biarpun petisi atau diteriakin, operator akan susah mau denger kalo gak ada tekanan/keharusan berupa aturan.

  8. Dear Mas Benny,

    kalau misalnya saya boleh bantu permasalahan dengan mentari (kecuali GPRS dan Tarif), pls biarkan saya menghubungi Anda…
    dan Jika GPRS adalah kebutuhan utama …alternatifnya adalah Matrix atau IM3, atau StarOne… pengalaman saya, pakai di rumah (rungkut, surabaya) cukup baik bahkan dibanding dial up pstn, sampai sekarang dirumah …pilihan saya StarOne, GPRS matrix atau Dial Up Indosatnet …

    Salam
    QQ

  9. saya ingin setting di satelido acces, tapi meskipun di set automatic untuk jaringan, untuk home, bookmark, IP adress, wap dll belum tahu cara isinya, gimana tuh ?

  10. sama neh.aku jg ngrasaain.bt bgt hp dah keren segala perabot teknologi tapi kartu gak support.pingin pindah nomer dah terkenal.
    fasilitas sms grati (itu jg lewat internet-max 10 sms/hari, tlp gratis 5 jam. 5 menit putus)ky gak niat banget kasih kelebihan..
    jadi ky orng pacaran ..mesra ,perhatian waktu pdkt. dah dapet sabodo lo
    aku ikut ttd deh klo jadi petition?

  11. ben jangan mikirin diri sendiri dong. gak semuanya itu yang enak2 aja.setiap provider kan punya kelebihan dan kekurangan masing2.gimana kalau U berdoa smoga MNP jadi diterapin di Indonesia.biar loe kagak iri ama sodara loe yang ada di Aussie.

  12. dagh ah … nunggu bobo teyus epon-eponan ma nenek di kuampung …

    enyak … enyak … enyak ” gratis” cing.

  13. mboh ra roh!!!!!aku dewe yo mumet ngurusi “MENTARI” ku habis mahal bangget cih pulsa smsnya.ka………pannnnnnnnn…mentari kayak M3,dah smsnya murah,kadang2 masih bisa buat ngejam,tapi sayang ga bisa buat free talk.seandaiya fasilitas “mentari” yang sudah ada di tambah punya’e M3 pasti huuueebat ya!!!!!!setuju ga………..!!!!

  14. iya, sih … saya juga kdg sebel ma mentari. Pingin setting MMS aja mani susaaaaaaahh …
    udah gitu kalo cek pulsa, operatornya kadang suka error … duuh … pusiiing ………
    Mu ganti nomor, saya mesti ngontak tmn2 lagi. Barabe atuh …!! So … kumaha atuh nya?

  15. alamaaaakkkk….,knp gak diambil enaknya aja sich,he…5x , sorry ya…gue pakai mentari juga baru hari ini , demi yayang gueeee, biar bisa gratisan , gue suka ganti2 no mentari cm ambil bonus aja setelah itu buang ganti yg baru,he….5x

  16. aduh pusing saya dgn layanan mentari (stress), ini kan ada yang lagi sakit di kampung, eeeeh jaringannya malah modar. wah kalau begini mentari bisa banyak di tinggalin pelanggan neeh, salah satu gw, gw akan beralih ke produk telkom, apa kek biar bisa lebih lancar. payah mentari. kesal banget gw

  17. Teman-teman Mentari emang payah banget ! Pengalamanku habis isi pulsa M-tronik tiba-tiba lenyap tanpa konfirmasi sama sekali, buaahh payahnya lagi saat saya hubungi Call Centere-nya mereka tidak tahu apa-apa alias tidak mau tahu, mungkin maunya sama tempe busuk hahaha…
    Makasih Bro!

  18. Guys.. dah taon baru nih, soal mentari ini, aku juga masih pake, bener sih nomer dah banyak orang yang tau.. tapi.. ada ide operator lain mana yang lebih ok dengan tarif terjangkau dan fitur lengkap? ^_^

  19. Mas2 & mbak2,…
    saya pengguna Mentari nomor jadul 0816165xxxx, kebetulan punya account BCA. bbrp bulan lalu saya dpt tawaran dari BCA untuk migrasi dari Mentari jadul ke Mentari baru. setelah confirm data, kita nanti dikirimin sim card baru (nomor masih yg jadul). alhamdulillah prosesnya ga berbelit, sekitar semingguan lah. jadilah sekarang bisa m-banking BCA, bisa GPRS juga,…

  20. Ya maklum aja mentari ga jelas! Soalnya manajemen indosat khususnya mentari ga profesional,buktinya servis centernya aja ga tau apa-apa waktu aku tanyain soal program internetan yang time based,mereka bilang ga tau menau soal program itu,padahal aku tau program itu dari media-media cetak! Aneh kan?
    Udah gitu,saham indosat seperti sepak bola yang di lempar kesana-kemari kadang punya si-A lalu dijual lagi ke si-B! Payah! Makanya ga heran kalo indosat turun peringkat jadi posisi ke tiga di gantikan XL!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *