Mulai Kapan?

Mulai kapan? Lagi di mana? Sama siapa? Ngapain? Ups, bukan. Ini bukan mau membahas soal iklan rokok. Tapi soal “mulai kapan?”

Ketika sedang riset kecil-kecilan dalam rangka mengumpulkan bahan untuk sebuah posting, saya menemukan fakta yang mungkin basbang namun cukup unik. Ternyata cukup banyak situs web maupun blog yang tidak atau belum mencantumkan dengan jelas kapan situs web atau blog itu mulai ‘hidup’.

Mungkin kelihatan sepele, tapi informasi soal tanggal lahir itu tergolong penting lho. Setidaknya berguna bagi pengunjung yang ingin tahu soal sejarah situs web atau blog yang sedang dikunjungi.

Biasanya informasi “mulai kapan” itu dicantumkan pada halaman “Mengenai Kami”, “Tentang Kami”, “About”, atau “About Us.” Tapi, sebagai contoh, cobalah mencari informasi soal “mulai kapan” itu pada sejumlah situs web atau blog yang sepertinya tergolong ‘angkatan 2008’, seperti Blog Detik, Cerpenista, Cerita Kaos, dagdigdug, mugue.com, Kompasiana, pesanlewat, Sudut Pandang, dan VIVAnews.

Hasil temuan saya cukup bervariasi. Dari sembilan situs web itu, hanya dua yang mencatumkan dengan jelas kapan mulai online. Sisanya, tidak jelas. Bahkan ada yang tidak punya halaman about. Contohnya, Blog Detik dan mugue.com.

Pada Cerpenista, informasi yang tercantum hanyalah:

Cerpenista adalah aplikasi web untuk menulis cerpen bergotong-royong sambung menyambung. Disini seorang pengguna dapat menjadi sutradara sekaligus penonton sebuah cerita. Sutradara, karena alur cerita di tangan si penulis; dan penonton karena lanjutannya tergantung orang lain.

Pada Cerita Kaos, cuma tercantum:

Kenapa Cerita Kaos? Karena kaos adalah busana kasual semua orang. Lebih dari itu, kaos yang bergambar adalah sebuah pernyataan pesan.

Di dagdigdug, meskipun menyebut tahun 2007 tapi tidak jelas apakah itu adalah tahun online-nya dagdigdug atau bukan.

dagdigdug, yang dibentuk oleh sebuah jaringan perkawanan pada akhir 2007, adalah sebuah layanan blog hosting untuk siapa saja yang berminat terhadap blog.

Sementara di Kompasiana tercantum jelas soal mulai kapan online-nya:

KOMPASIANA adalah blog para jurnalis Kompas yang sudah bisa diakses mulai 1 September 2008 di di alamat http://kompasiana.com. Meski tekanannya pada jurnalis Kompas, Kompasiana juga diisi para blogger dari para jurnalis yang bernaung di bawah bendera Kompas Gramedia. Bahkan, Kompasiana diramaikan pula oleh blogger tamu dan blogger selebritas.

Di pesanlewat hanya tertera:

Blog gotong royong ini dirancang untuk multipenulis. Untuk siapa pun yang sering memergoki tulisan pada truk dan bus dan tergerak untuk membagikannya melalui internet. Juga untuk siapa pun yang bersedia meluangkan waktu untuk menyimak rekaman tulisan dan gambar pada mobil pengangkut, dari truk, bus, sampai pengangkut lainnya.

Mengenai Sudut Pandang, cukup jelas disebutkan soal mulai kapan online:

Sudah cukup lama saya ingin memiliki blog yang membahas hal-hal di luar Internet Business, Marketing, Branding, yang selama ini melekat dalam blog korporat Virtual Consulting (VC), sebuah usaha yang saya geluti dan tekuni sejak Januari 2003 ini. Namun, baru sekaranglah, Selasa, 4 Maret 2008, keinginan itu terujud.

Adapun di VIVAnews, hanya disebutkan:

VIVAnews adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara.

Bagaimana dengan penonton.com? Cukup jelaslah. ๐Ÿ™‚

penonton.com adalah tempat di mana penonton bisa menilai dan berkomentar soal film yang telah ditonton.

penonton.com versi BETA diperkenalkan kepada umum pada 5 November 2008, bertepatan dengan hari pertama pemutaran film Quantum of Solace di Indonesia.

Kalau Benny Chandra dot com? Ada dong!

Benny Chandra adalah fotografer, freelance journalist, freelance radio co-host, dan blogger. Kelahiran Gorontalo tapi saat ini tinggal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Eh, gak ada ya? Ha ha ha… ๐Ÿ˜† Tapi kan tagline-nya: blogging without tagline since 2001. ๐Ÿ˜€ :mrgreen: Ngeles… He he he ๐Ÿ™‚

Print Friendly, PDF & Email

Baca juga:

15 comments on “Mulai Kapan?

    1. Tapi kalau blog liat aja dari posting pertamanya bulan/tahun kapan kan?

      @avianto, kalo blog ybs gak pakai plugin wp-navi ya susah juga nyari posting pertamanya…

    1. @minanube, yang saya mau tahu bukan kapan domainnya didaftarkan, tapi mulai kapan situs webnya online. Tentunya dengan konten yang sudah siap. ๐Ÿ™‚

  1. hahaha..si agan sampai begitu memikirkan hal yang sepele, tapi menurut ane kali aja owner nya lupa karena asik sibuk posting. Tujuannya kan posting so masalah histori dibelakangkan.
    but nice info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *