9 Peristiwa Menarik di Dunia Internet Indonesia 2009

9 peristiwa 2009

Selamat Tahun Baru 2010! Maaf, baru sekarang bisa mengucapkan. ๐Ÿ™‚

Seperti tahun lalu dan beberapa tahun sebelumnya, sebagai tradisi pembuka tahun baru, saya selalu mencoba mengumpulkan berbagai peristiwa menarik menyangkut dunia internet Indonesia sepanjang tahun 2009 lalu.

Setelah mengingat-ingat dan mengumpulkan data dari sana-sini, berikut ini adalah 9 peristiwa menarik yang menyangkut atau terjadi di dunia internet Indonesia tahun 2009, setidaknya menurut saya.

Apa saja itu?

  1. Tersedianya Pembayaran AdSense via Western Union untuk Indonesia

    Akhirnya, opsi pembayaran Google AdSense lewat Western Union tersedia untuk Indonesia sejak awal tahun 2009 lalu. Sebelumnya, pembayaran Google AdSense hanya bisa dilakukan menggunakan cek yang dikirimkan ke alamat penerbit (publisher) lewat pos. Dibandingkan dengan cek, pembayaran dengan menggunakan Western Union lebih praktis dan lebih mudah menguangkannya.

    Tautan terkait:

  2. Demam Facebook dan Twitter
    Setelah tahun 2008, Plurk yang berjaya maka pada tahun 2009 giliran Twitter yang meledak di Indonesia. Berbarengan dengan itu, demam Facebook juga ikutan menggila di kalangan pengguna internet Indonesia pada tahun 2009. Jadinya, semua serba Twitter dan Facebook.

    Bahkan para pedagang ponsel di Indonesia juga ikut-ikutan demam Facebook dan Twitter. Tiba-tiba ada semacam aturan tidak tertulis bahwa semua iklan ponsel masa kini harus mencantumkan logo Facebook dan Twitter biar tidak dicap ketinggalan zaman.

    Tautan terkait:

  3. Demam Menggratiskan Lagu via Internet
    Gejala demam yang satu ini sebenarnya sudah mulai terasa di tahun sebelumnya, tapi di tahun 2009 lalu terlihat lebih meluas. Tercatat, sepanjang tahun 2009 setidaknya ada dua grup musik dan satu musisi Indonesia yang membagikan lagunya secara gratis via internet. Mereka adalah BIP, White Shoes and the Couple Company, dan thedyingsirens.

    Bagaimana dengan tahun 2010? Semoga demam yang satu ini berlanjut, dan tentunya tanpa “syarat dan ketentuan berlaku”. ๐Ÿ™‚

    Tautan terkait:

  4. Politisi Indonesia Demam Berjejaring Sosial
    Menjelang pemilu legislatif dan presiden tahun 2009 lalu, tiba-tiba sejumlah politisi dan calon politisi Indonesia dikabarkan punya blog, akun Facebook, dan Twitter. Bahkan beberapa kali para blogger mendapat undangan dari sejumlah politisi. Rupanya para politisi dan calon politisi itu sedang kena demam (sesaat) berjejaring sosial.

    Sekarang pemilu 2009 sudah berlalu, berapa banyak politisi yang masih aktif berjejaring sosial? ๐Ÿ˜‰

    Tautan terkait:

  5. Demam Bikin “hashtag” di Twitter
    Seiring dengan datangnya demam nge-tweet atau menulis di Twitter, muncul hobi atau demam baru. Apa itu? Ramai-ramai bikin hashtag tertentu yang (kadang-kadang) berlomba-lomba agar tercantum atau masuk sebagai salah satu trending topic di Twitter.

    Beberapa hashtag khas Indonesia yang sempat mencuat di dunia Twitter tahun 2009 lalu adalah #indonesiaunite, #batik, #jamansd, dan #indonesiabanget.

    Oh ya, hashtag adalah semacam kata kunci yang digunakan untuk menandai suatu entri di Twitter agar mudah ditemukan saat dicari.

    Tautan terkait:

  6. Demam Bikin “Gerakan” di Facebook
    Kalau di Twitter, orang Indonesia demam hashtag maka di Facebook ada demam lain. Apa itu? Demam bikin gerakan (causes). Tahun 2009 lalu marak dengan ajakan ikut berbagai gerakan di Facebook. Mulai dari “Gerakan Say No to [sesuatu atau seseorang]”, “Gerakan Bebaskan [seseorang]”. Gerakan Dukung [seseorang]”, hingga “Gerakan Jangan Kumpulkan Koin untuk [seseorang]”. Singkatnya, apa pun bisa jadi inspirasi untuk dibikin gerakan via Facebook.

    Tautan terkait:

  7. Dipenjara Gara-gara Email
    Dipenjara gara-gara sebuah email keluhan soal layanan yang kurang memuaskan? Itulah yang menimpa Prita Mulyasari pada sekitar Mei 2009. Ia digugat dengan Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik oleh pengelola Rumah Sakit Omni Internasional, Tangerang yang merasa keberatan dengan surat elektronik Prita soal pelayanan kurang memuaskan saat ia dirawat di rumah sakit itu pada 7 Agustus 2008.

    Kabar terakhir, Prita telah diputuskan bebas oleh pengadilan. Sebelumnya sempat terjadi aksi pengumpulan koin oleh masyarakat untuk membayar tuntutan sejumlah ratusan juta yang juga ditujukan kepadanya atas kasus yang sama.

    Semoga tidak ada lagi kasus serupa.

    Tautan terkait:

  8. Ulah Joko Anwar dan Luna Maya di Twitter
    Nampaknya para selebriti kita tidak mau ketinggalan dalam menyemarakkan demam Twitter di Tanah Air. Salah satunya adalah Joko Anwar, sutradara Janji Joni, Kala, dan Pintu Terlarang. Aksi apa yang dilakukannya di Twitter?

    Sebagai penutup akhir tahun, giliran Luna Maya yang bikin heboh lewat akun Twitter-nya. Salah satu isi tweet-nya membuat kalangan pekerja entertainment di Indonesia keberatan. Sayangnya, bukannya menyampaikan ‘hak jawab’ via ranah yang sama, mereka melaporkan Luna Maya ke polisi dengan salah satu pasal di UU ITE.

    Tautan terkait:

  9. Blogspot Diblokir
    Pemblokiran situs web terulang kembali di dunia internet Indonesia pada tahun 2009 lalu. Setelah pada 2008 terjadi kasus pemblokiran YouTube, di tahun 2009 yang menjadi korban adalah Blogger atau Blogspot. Tiba-tiba semua situs atau blog di bawah naungan domain blogspot.com tidak bisa diakses oleh pengguna sejumlah ISP tertentu di Indonesia.

    Alasan yang dikemukakan oleh pejabat terkait dalam pemblokiran kali ini hampir sama. Masih soal SARA. Kalau dulu yang dipermasalahkan adalah film, kali ini kartun bernuansa SARA yang dipasang di halaman salah satu akun di Blogger/Blogspot menjadi alasan. Ingin memblokir sebuah situs atau blog, yang terblokir malah semua situs atau blog yang ada di layanan blog hosting milik Google itu. Lagi-lagi mirip dengan kasus pemblokiran YouTube tahun 2008 lalu.

    Untunglah pemblokiran itu tidak berlangsung lama. Semoga saja tidak terjadi lagi pemblokiran serupa dengan cara yang serupa.

    Tautan terkait:

Oh ya, ada peristiwa menarik lainnya menurut Anda? Sampai ketemu tahun depan! ๐Ÿ™‚

Print Friendly, PDF & Email

Baca juga:

14 comments on “9 Peristiwa Menarik di Dunia Internet Indonesia 2009

  1. Ulasan yang menarik mas. Paling suka sama nomer enam: demam bikin gerakan di facebook. Apalagi setelah gerakan untuk Prita sukses, rasanya sekarang sedikit-sedikit bikin gerakan ini itu. Kita orang Indonesia memang suka berdemam-demam ria, he he he.. thanks.

  2. Iya nih, kenapa harus 9? Kamu penggemarnya SBY yang lahir di 9 September 49 ya? :))

    Nganu.. menurutku, mimpi untuk tidak adanya pemblokiran di masa mendatang seperti halnya mimpi bahwa besok pagi kamu bangun tidur dan start bernafas lewat telinga ketimbang hidung ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *