Berbicara soal Mozilla di STIKOM Surabaya

Pada hari Kamis 10 Mei 2012 lalu, saya diundang sebagai Mozilla Representative untuk mengisi sebuah seminar khusus mengenai Mozilla di STIKOM Surabaya. Saya tidak sendiri. Saya mengajak Bram Pitoyo (Staf Mozilla) untuk ikut menjadi pembicara. Yes, Mozilla goes to campus! ๐Ÿ™‚

Menjelang pukul 14:00 WIB, acara yang diadakan oleh Linux User Groups STIKOM itu dibuka dengan sambutan dari Yoe One (Ketua Panitia) dan Erwin Sutomo (Kepala Program Studi Sistem Informasi STIKOM Surabaya).

Benny Chandra

Setelah itu, saya tampil di depan untuk menjelaskan mengenai berbagai hal tentang Mozilla. Mulai dari model organisasi, misi, aplikasi (Firefox for Mobile, Thunderbird, dan lain-lain), hingga proyek-proyek Mozilla (BrowserID, WebFWD, B2G, dan lain-lain) sejauh ini. Tidak ketinggalan juga kabar terakhir Firefox.

Dalam kesempatan itu, saya juga memutarkan beberapa video pendek terkait dengan Mozilla seperti “What is Mozilla”, “The Mozilla Story”, dan “Mozilla Manifesto (A Different Kind A Browser)” yang sudah dilengkapi dengan teks bahasa Inggris dan Indonesia.

Benny Chandra

Sedangkan Bram Pitoyo berbicara mengenai peluang berkarier di Mozilla dan cara untuk terlibat dalam proyek SuMo (Support Mozilla) yang terbuka bagi semua orang.

Bram Pitoyo

Saya kembali tampil untuk memperkenalkan Komunitas Mozilla Indonesia dan berbagai aktivitas yang sudah dilakukan dan diikuti selama ini, sejak kehadiran Firefox 1.0 hingga sekarang.

Usai presentasi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Tidak diduga, ternyata para peserta sangat antusias untuk mengajukan berbagai pertanyaan. Bahkan sampai harus dibatasi oleh pembawa acara karena waktu yang sudah semakin sore. Wow! ๐Ÿ™‚

Mozilla Goes to Campus

Seminar pada siang itu dihadiri oleh sekitar 170 peserta. Semuanya mendapat oleh-oleh swag atau suvenir dari Mozilla. Oh ya, yang menarik, para peserta tidak hanya berasal dari lingkungan kampus STIKOM Surabaya saja tapi ada juga mahasiswa dari kampus lain dan siswa SMU. Keren!

Akhirnya, sekitar pukul 4 sore acara diakhiri dengan penyerahan kaus Mozilla dan bingkisan dari STIKOM kepada peserta yang beruntung dan yang bisa menjawab pertanyaan kuis dari saya.

Penyerahan Kenang-kenangan dari STIKOM. FOTO: Dok. LUG STIKOM.

Terima kasih kepada STIKOM Surabaya dan LUG STIKOM Surabaya yang telah mengundang Mozilla untuk mengisi acara di kampusnya. Saya dan Bram senang sekali dapat hadir serta bertemu dengan teman-teman panitia dan peserta. Acara yang asyik! ๐Ÿ™‚

Berfoto bersama Yoe One, Ketua Panitia. FOTO: Dok. LUG STIKOM

Sampai ketemu lagi di acara “Mozilla Goes to Campus” selanjutnya! ๐Ÿ˜‰

Berfoto bersama panitia. FOTO: Dok. LUG STIKOM.

Oh ya, salindia saya untuk acara ini:

Baca juga:

4 comments on “Berbicara soal Mozilla di STIKOM Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *