Ketika Maker Party – Hive Pop-Up 2013 Diadakan di Surabaya

Sampai sekarang, setiap kali membaca atau teringat kata-kata dalam dua tulisan blog Mark Surman (Executive Director of the Mozilla Foundation) yang berjudul “A Webmaker tour in photos” dan “Who wants to teach the web?“, saya selalu merasa bangga sekaligus terharu.

Maker Party 2013 - Surabaya

Seperti disebutkan dalam tulisan itu, pada bulan September 2013 lalu, saya dan teman-teman Mozillian memang menggelar acara dua hari berturut-turut di Surabaya yang dihadiri oleh Mark. Rangkaian acara yang kami adakan itu memang bukan Maker Party biasa. Nonstop Maker Party!

Lihatlah!

Hari pertama: Webmaker Party (Maker Party Hack Jam)

Setelah mendapat kepastian kedatangan Mark dan kegiatannya selama berada di Surabaya, kami melihat ada satu hari di mana jadwalnya masih kosong. Yaitu, pada hari Senin, 9 September 2013. Tentunya kesempatan ini sayang sekali jika tidak dimaksimalkan dengan kegiatan bermanfaat, terutama bagi generasi muda di Surabaya dan sekitarnya.

MozSekolahSUB

Untuk itu, saya sebagai koordinator acara dan Yoe One Ariestya Niovitta (wakil koordinator acara) mencoba menghubungi beberapa pihak untuk mengajak bekerja sama. Syukurlah, akhirnya ada pihak yang bersedia menjadi partner dan tuan rumah untuk acara ini. Yaitu, SMA Negeri 11 Surabaya. Terima kasih Mas Gempur Abdul Ghofur atas koordinasinya! ๐Ÿ™‚

Maker Party - MozSekolahSUB

Meskipun terbilang mendadak, namun ternyata jumlah siswa yang hadir mengikuti acara ini terbilang banyak, sekitar 100 orang. Bahkan, sebenarnya masih ada cukup banyak siswa lain yang berminat ikut tapi terpaksa ditolak karena keterbatasan luas ruangan yang ada.

Webmaker Party - MozSekolahSUB 2013

Semangat yang tinggi dari kepala sekolah, guru, dan siswa SMA Negeri 11 Surabaya terhadap acara Webmaker Party ini sungguh menggembirakan kami. Kami tidak menduga sambutan dan jumlah peserta bakal sebesar itu, mengingat waktu persiapannya yang cukup singkat.

MozSekolahSUB

Saat itu, tim kami yang datang ke SMAN 11 Surabaya terdiri dari saya, Mark Surman, Yoe One, Viking Karwur (Mozilla Indonesia Community Manager, Mozilla Representative, Webmaker Super Mentor), dan Eljuno Kasih (Mozilla Representative).

Maker Party 2013 - Surabaya

Acara kami mulai dengan ice breaking berbentuk debat antar peserta mengenai perlu atau tidaknya membawa ponsel ke dalam kelas. Ya, tidak hanya belajar, kami juga bermain bersama para peserta.

MozSekolahSUB - Webmaker Party

Setelah itu, kami memperkenalkan proyek Webmaker dari Mozilla secara keseluruhan. Kemudian saya mengajak para peserta mencoba langsung Thimble, salah satu perkakas dari Webmaker.

MozSekolahSUB - Webmaker Party

Selesai acara dan foto-foto bersama, waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 15:00 WIB. Tidak terasa sudah lebih dari lima jam kami berada di sekolah itu untuk belajar dan bermain bersama. Saya dan rekan-rekan pun segera pamit kepada perwakilan SMAN 11 karena harus kembali berkonsentrasi mempersiapkan acara hari berikutnya.

SMA Negeri 11 Surabaya, terima kasih! Kalian keren!

Maker Party - MozSekolahSUB

Hari kedua: Maker Party – Hive Indonesia Pop-Up 2013

Acara ini merupakan hasil kerja sama antara Mozilla (diwakili oleh Hive Indonesia/Hive Surabaya) dan Pemerintah Kota Surabaya (Dinas Komunikasi dan Informatika Surabaya).

Mempertimbangkan saran yang masuk, acara Maker Party – Hive Indonesia Pop-Up 2013 pertama di Indonesia yang berlangsung pada Selasa, 10 September 2013 di Graha Sawunggaling, Surabaya ini akhirnya disepakati menggunakan nama “Pesta Kreatif Teknologi Pelajar Surabaya”.

Maker Party - Hive Surabaya 2013

Dalam acara ini, tersedia enam meja workshop untuk diikuti para peserta yang berjumlah sekitar 250 orang siswa dan 50 orang guru. Mereka berasal dari 50 SMA/SMK se-Surabaya.

Maker Party - Hive Surabaya 2013

Keenam workshop itu adalah “animasi” (oleh MechAnimotion), “robotics” (oleh KampungRobot.net), “papertoys” (oleh Mozilla Indonesia), “Webmaker” (oleh Mozilla Indonesia, Mozilla Reps, dan FSA), “batik” (oleh Mahkota Batik Madura), dan “apps for Firefox OS” (oleh Mozilla Indonesia, Mozilla Reps, dan FSA).

Maker Party - Hive Surabaya 2013
Maker Party - Hive Surabaya 2013
Maker Party - Hive Surabaya 2013

Acara dibagi menjadi dua sesi untuk memberi kesempatan para peserta dapat bergantian mengikuti lebih dari satu workshop.

MakerPartySUB - September 2013

Agar lebih menarik, setiap peserta mendapat salah satu dari enam desain pin keren (didesain oleh Made Caesario) dari setiap workshop yang diikuti. Mereka juga berkesempatan mendapatkan kaus keren jika bisa menjawab dengan tepat dan cepat pertanyaan yang diajukan oleh mentor masing-masing workshop. Pin dan kaus keren itu khusus dibuat untuk peserta acara ini.

MakerPartySUB 2013

Merasakan betapa besarnya antusiasme para peserta dan mentor sejak acara dimulai sekitar pukul 10 pagi hingga berakhir pukul 2 siang, membuat saya sangat senang, bangga, dan terharu.

Maker Party - Hive Surabaya 2013

Saya merasa sangat senang, bangga, terharu, dan sekaligus lega karena akhirnya acara ini bisa terlaksana dengan sukses, lancar, dan bermanfaat bagi banyak orang, meskipun kepastian penyelenggaraannya baru kami peroleh kurang dari sebulan sebelum hari-H. ๐Ÿ™‚

MakerPartySUB - September 2013

Lewat tulisan ini, saya berterima kasih sekali lagi kepada Yoe One, saudara seperjuangan saya yang sejak awal mendukung, bersemangat, dan bersama-sama bermimpi menghadirkan acara keren seperti Maker Party – Hive Pop-up ini di Surabaya. Hore, mimpi kita akhirnya terwujud!

Maker Party - Hive Surabaya 2013

Saya juga berterima kasih kepada Mark Surman (Direktur Eksekutif Mozilla Foundation), staf Mozilla Foundation (Michelle Thorne dan Amira Dhalla), Mozillians (Made Caesario Aditya Wirawan, Hesty Susianawati, Dewi Citrowati, Fendy Mahatma Putra, Faris W. Anggara, Ryo de Januaryo, dan Rahman Nur Hadi), Mozilla Indonesia Community, Mozilla Reps (yang diwakili oleh Viking Karwur, Eljuno Kasih, dan Arief Bayu), Firefox Student Ambassador (diwakili oleh Elfasa Zayed dan Agung Firdausi Ahsan), Pemerintah Kota Surabaya, Dinas Infokom Surabaya, MechAnimotion, KampungRobot.net, Mahkota Batik Madura, dan seluruh peserta.

Kalian KEREN!

A fantastic Maker Party 2013 in Surabaya, Indonesia
(Hamilton, Bangalore, Surabaya and more: A Maker Party event roundup)

Baca juga:

6 comments on “Ketika Maker Party – Hive Pop-Up 2013 Diadakan di Surabaya

  1. You have no idea how lucky you are that mozilla can reach you and you are able to give and support the foundation. I have been trying to learn so hard on my own learning to make browsing safer for me and my family. 3 days and not much sleep and still going. When i finished with all the device at home. I wiesh to start a partymaker and host the event at my humble home. Then as i was browsing an just drafting as i imagine how cool can it be if only australia have outreach program maybe i can get a speaker to speak and properly introduce mozilla. Then ican share what i have learnt in the last few days. Its so overwhilming to have the control and it the peace of mind knowing you have taken back your privacy. Ve always wish i can go to vegas now i only dream of the day i can attend and learn a few more tricks from the mentor himherself. Give back.its the key. God bless all.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *