Diundang ke Mozilla l10n Workshop 2017 di Taipei

Bulan April lalu, saya berkesempatan berkunjung ke Taipei, Taiwan. Berlibur? Bukan. Saya menghadiri undangan acara Mozilla l10n Workshop 2017 yang berlangsung selama dua hari. Tepatnya, 22-23 April 2017.

Mozl10nTPE
Halo Taiwan!

Sebelumnya, untuk wilayah Asia, acara serupa pernah diadakan di Bangkok, Thailand (2015) dan Kuala Lumpur, Malaysia (2016).

Dalam acara di Taipei kali ini, pesertanya terdiri atas para pelokal (localizer) yang berasal dari 11 negara di Asia. Dari Indonesia, selain saya juga ada Eljuno Kasih dan Fauzan Alfi. Sementara staf Mozilla yang hadir berjumlah empat orang seperti tahun-tahun sebelumnya. Yaitu, Francesco Lodolo (Flod), Axel Hecht (Pike), Peiying Mo, dan Gary Kwong.

Mozl10nTPE
Ruangan di kantor Mozilla Taiwan yang digunakan untuk lokakarya selama dua hari. FOTO: BENNY CHANDRA.

Dari Surabaya, saya terbang ke Taiwan via Singapura dengan China Airlines. Asyiknya, untuk penerbangan siang hari dari Singapura (SIN) ke Taipei (TPE), maskapai berkode CI itu menggunakan pesawat Airbus A350 yang terbilang masih sangat baru.

Di antara logo-logo kantor Mozilla. FOTO: FAUZAN ALFI.

Setelah menempuh perjalanan udara sekitar 5 jam, saya tiba di Taiwan Taoyuan International Airport (TPE), Taipei sekitar pukul 18.30 waktu setempat. Dari bandara, saya naik kereta Taoyuan Airport Metro menuju Taipei Main Station, kemudian melanjutkan perjalanan ke hotel dengan menggunakan kereta Taipei Metro/MRT.

Benny – Indonesia

Besoknya, perjalanan dari hotel menuju lokasi acara diiringi dengan hujan rintik-rintik. Di Taipei memang sedang musim hujan pada waktu itu.

Acara diadakan di kantor Mozilla Taiwan yang berada di lantai 4 Cathay Xinyi Building. Letaknya dekat dengan Taipei 101, gedung pencakar langit super tinggi yang menjadi ikon Taiwan.

Mozl10nTPE
Pike dan Flod menjelaskan kabar terbaru Firefox dan Mozila l10n. FOTO: BENNY CHANDRA.

Diawali dengan perkenalan, acara pada hari pertama lalu diisi dengan penjelasan dari Pike dan Flod mengenai info terbaru seputar perkembangan terbaru Firefox dan pengaruhnya terhadap pelokalannya. Setelah jeda sebentar, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Usai makan siang, diskusi mengenai cara memperkenalkan proyek-proyek Mozilla menjadi sesi selanjutnya hingga sore hari dengan dipandu oleh Peiying. Sisa waktu yang ada sebelum acara hari pertama berakhir diisi dengan diskusi kelompok berdasarkan asal negara masing-masing.

Suasana acara pada hari pertama. FOTO: IRVIN CHEN.

Untuk makan malam, kami semua diajak ke restoran Din Tai Fung yang berada di Taipei 101. Dekat. Cukup berjalan kaki tidak sampai sepuluh menit dari kantor Mozilla Taiwan.

Foto bareng setelah turun dari kabin gondola.

Acara malam itu berlanjut dengan naik gondola. Tepatnya di Maokong Gondola. Sayangnya, selain sudah malam, cuacanya kurang bersahabat pula sehingga jadinya sulit menikmati pemandangan kota Taipei dari ketinggian hingga sekitar 299 meter dengan jelas dari dalam kabin gondola. Padahal, selain kabin biasa, saya juga berkesempatan mencoba naik kabin spesial bernama “Eyes of Maokong Gondola” yang lantainya tembus pandang alias terbuat dari kaca tebal.

Foto grup di stasiun gondola Maokong. FOTO: GARY KWONG.

Besoknya, hari kedua lokakarya untuk para pelokal Mozilla di Asia ini dibuka dengan pembahasan mendetail mengenai fitur-fitur penting Pontoon oleh Flod. Pontoon adalah peranti pelokalan utama berbasis web yang digunakan Mozilla saat ini untuk mempermudah proses pelokalan oleh para pelokal.

Mozl10nTPE

Kemudian, acara disambung dengan sesi demo pengetesan hasil pelokalan secara langsung untuk beberapa proyek Mozilla. Tujuannya, agar mempercepat menemukan kesalahan (jika ada) dan memudahkan melakukan koreksi.

Mozl10nTPE
Sesi tanya jawab bersama staf Mozilla. FOTO: BENNY CHANDRA.

Sesi tanya jawab kembali digelar setelah santap siang. Kali ini berlangsung lebih seru karena pertanyaan-pertanyaannya lebih spesifik dan juga lebih banyak yang bertanya dibandingkan dengan sesi pada hari pertama.

Setelah itu, hingga sore hari menjelang acara berakhir, acara berlanjut dengan diskusi kelompok lagi dan mengisi survei.

Foto bersama di kantor Mozilla Taiwan. FOTO: PO CHIANG CHAO.

Sebagai kenang-kenangan, di penghujung acara (tentunya wajib) ada sesi foto bersama seluruh peserta. Kali ini mengambil tempat di dua lokasi. Setelah di kantor Mozilla Taiwan, kemudian kami bersama-sama berjalan kaki ke pelataran Sun Yat-sen Memorial Hall untuk berfoto bareng dengan latar belakang gedung Taipei 101.

Foto grup berlatar belakang Taipei 101. FOTO: FLOD.

Dari situ, sebelum makan malam, sebagian besar peserta melanjutkan perjalanan menuju ke tempat penjual teh khas Taiwan. Lokasinya lumayan jauh juga.

Akhirnya, makan malam bersama di rumah makan Qin Wei Guan menjadi penutup rangkaian acara lokakarya pelokalan Mozilla 2017 selama dua hari di Taipei, Taiwan.

Terima kasih, Mozilla!

Sampai ketemu lagi! ๐Ÿ™‚

Print Friendly, PDF & Email

Baca juga:

One comment on “Diundang ke Mozilla l10n Workshop 2017 di Taipei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *