Membingungkan, Berita KCM Soal Grand Final Putri Indonesia 2005

Usai menonton Grand Final Pemilihan Putri Indonesia 2005 yang disiarkan langsung di Indosiar kemarin malam (29 Juli 2005), gw mencoba mencari berita soal itu di beberapa media online. Gw ingin memperoleh info lebih lengkap soal acara itu. Salah satu yang gw temukan adalah berita di Kompas Cyber Media (KCM) yang berjudul “Dua News Anchor TV Gagal Rebut Mahkota Putri Indonesia“. Membaca judulnya saja gw sudah merasa beritanya terkesan kurang objektif. Aneh aja gitu sebuah media mempersoalkan soal profesi pekerja media yang tidak menang dalam urusan pemilihan Putri Indonesia. Ternyata ada yang lebih aneh lagi!

Ketika membaca alinea ke-5 dari berita itu, gw jadi terkejut! Coba baca petikannya:

…Miss Universe terpilih asal Puerto Rico Cynthia Olavarria, didaulat menyerahkan mahkota Puteri Indonesia terpilih 2005, Nadine Chandra Winata.

Hmm, apakah si penulis berita tidak tahu kalau Cynthia Olavarria itu bukanlah Miss Universe melainkan ‘hanyalah’ 1st runner-up Miss Universe 2005? Apakah si penulis berita tidak tahu juga kalau Miss Universe 2005, Natalie Glebova (Miss Canada), tidak jadi datang ke Indonesia? 😯

Dan yang lebih parah lagi, apakah si penulis berita tidak melihat bahwa pada saat itu yang menyerahkan mahkota Putri Indonesia kepada Nadine Chandrawinata adalah Artika Sari Devi (Putri Indonesia 2004), sehingga dengan santainya menulis bahwa yang menyerahkan mahkota itu adalah Cynthia Olavarria? Gw aja yang hanya nonton di Indosiar melihat acara penyerahan (tepatnya pemasangan) mahkota oleh Artika Sari Devi itu…

Hmm, sebenarnya yang nulis berita itu nonton acaranya gak sih? Gw jadi curiga nih… 🙄

Oh ya, selamat buat Nadine Chandrawinata! :plok:

UPDATE (2 Agustus 2005):
Tadi Topan ‘Kompas’ kirim e-mail ke milis id-gmail mengenai tanggapan dari pihak Kompas terhadap kekeliruan isi berita tersebut. Ini petikannya:

—————
From: “ninok leksono”
Date: Tue, 02 Aug 2005 04:27:03 +0000
Subject: RE:Membingungkan, Berita KCM Soal Grand Final Putri Indonesia
200

Mas,
Saya sudah menegur keras rekan di KCM yang membuat berita tsb, dan berita sudah dikoreksi. Menurut penjelasannya dia membuat dua berita sekaligus (yg satunya ttg Indonesian Idol), jadi konsentrasinya tidak beres.
Terima kasih atas masukan

Nin
———————

Print Friendly, PDF & Email