Mencoba Indosat@durasi

Karena membaca cerita soal berinternet dengan Mentari pakai sistem time based yang katanya kecepatan dan kestabilannya jauh melebihi Telkomsel Flash, saya jadi tertarik mencobanya. Apalagi layanan Telkomsel Flash Unlimited masih mengecewakan. πŸ™

Setelah cari tahu via Google, saya mendapat informasi mengenai APN (indosatgprs), username (indosat@durasi), dan password (indosat@durasi) yang harus digunakan kalau ingin berinternet pakai Indosat Mentari time / duration based. Kebetulan nomor Mentari saya tidak jadi saya nonaktifkan.

Begitu mencobanya beberapa hari yang lalu, saya cukup terkejut. Wah, ternyata lumayan cepat juga. Waktu pertama kali pakai, saya tes pakai Speedtest.net menghasilkan 118 kbps. Bagi yang sehari-hari selalu dikecewakan dengan kecepatan dan kestabilannya Telkomsel Flash Unlimited, apa yang diperoleh dari layanan Indosat@durasi ini tergolong sangat menyegarkan.

Sebenarnya sinyal 3G dari Indosat Mentari di tempat saya tidak sepenuh sinyal 3G-nya Telkomsel namun urusan kecepatannya jauh lebih memuaskan ketimbang layanan Telkomsel Flash Unlimited. Buat apa sinyal 3G penuh kalau bandwidth-nya tidak ada?

Memang sih kecepatan dari layanan internetnya Indosat@durasi ini tidak selalu di atas 100 kbps. Kadang-kadang agak lambat juga. Tapi pada saat kecepatannya sedang agak lambat pun, tetap saja masih lebih cepat ketimbang kecepatan rata-rata yang diberikan Telkomsel Flash Unlimited.

Coba lihat perbandingan berikut ini yang merupakan hasil pengukuran oleh Speedtest.net:

Indosat@durasi pada saat paling lambat:

indosat-1708-surabaya-310145721

Telkomsel Flash Unlimited rata-rata seperti ini:

306887607

Hasil pengetesan kecepatan Indosat@durasi beberapa saat lalu:

indosat-311611786

Kalau sudah begini, saya hanya bisa berharap semoga layanan Indosat 3.5 Unlimited segera tersedia untuk pelanggan di Surabaya πŸ™‚

Print Friendly, PDF & Email