Versi Paling Menarik dari Lagu Asian Games 2018

Hingga beberapa hari menjelang pembukaan Asian Games 2018 di Indonesia, masih bermunculan sejumlah versi dalam bahasa asing dari lagu resmi pesta olahraga Asia itu.

Sebenarnya ada cukup banyak lagu yang dijadikan lagu resmi Asian Games di Indonesia kali ini tetapi hanya dua lagu yang paling populer sampai dibuatkan versi dalam berbagai bahasa. Kedua lagu berbahasa Indonesia itu adalah “Bright As The Sun” dan “Meraih Bintang”.

Meskipun lagu “Bright As The Sun” lebih dahulu diluncurkan tetapi jumlah versi bahasa asingnya kalah banyak ketimbang lagu “Meraih Bintang” yang baru dipublikasikan belakangan. Lihat saja.

Hingga tulisan ini selesai dibuat, ternyata hanya ada empat versi bahasa asing dari lagu “Bright As The Sun”. Yaitu, dalam bahasa Inggris, Korea, Thailand, dan Jepang. Bandingkan dengan “Meraih Bintang” yang sampai dibuatkan dalam versi enam bahasa asing oleh sejumlah penyanyi dari berbagai negara. Keenam bahasa itu adalah Inggris, Thailand, Korea, Mandarin, Arab, dan Hindi yang bermunculan sejak akhir tahun 2017 lalu hingga beberapa hari menjelang pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta.

Oh ya, versi asli “Bright As The Sun” memang ada liriknya yang berbahasa Inggris tetapi hanya di bagian refrein saja. Selebihnya dalam bahasa Indonesia. Berbeda dengan versi yang dibawakan oleh Jannine Waigel yang liriknya hampir seluruhnya berbahasa Inggris dan hanya menyisakan sedikit bagian dalam bahasa Thailand.

Dari semua versi itu, manakah versi yang paling menarik?

Untuk lagu “Bright As The Sun”, dibandingkan dengan versi bahasa asingnya, saya lebih menyukai versi aslinya dalam bahasa Indonesia. Ketika dinyanyikan oleh para penyanyi Indonesia terkemuka di bawah nama Energy18, aura semangat yang diusung lagu itu lebih terasa.

Sedangkan untuk lagu “Meraih Bintang”, sebenarnya rata-rata cukup menarik dan unik tetapi versi bahasa Inggris dan Thailand yang dibawakan Jannine Waigel menjadi pilihan favorit saya. Gaya menyanyi Jannine yang bersemangat dan juga keceriaannya dalam video musiknya, membuat lagu ciptaan Pay dan Rastamanis ini menjadi terdengar (dan terlihat) jauh lebih menarik daripada versi aslinya oleh Via Vallen.

Bagaimana menurut kamu?

Masih ragu-ragu? Coba dengarkan lagi satu per satu dari daftar berikut ini.

“Bright As The Sun”

“Meraih Bintang”

Print Friendly, PDF & Email

Baca juga:

2 comments on “Versi Paling Menarik dari Lagu Asian Games 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *