Asyiknya Jalan-jalan di Hong Kong Disneyland

Tidak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa untuk kedatangan kali pertama di Hong Kong, saya bisa langsung mendapat kesempatan istimewa berkunjung selama dua hari penuh ke sebuah taman hiburan yang luas, megah, lengkap, dan sangat terkenal di Hong Kong maupun kawasan Asia serta menginap di hotel mewah yang berada di kawasan taman hiburan tersebut tanpa perlu membayar sepeser pun alias gratis!

Di Hong Kong Disneyland

Itulah yang benar-benar saya alami ketika beruntung terpilih menjadi salah satu blogger peserta rombongan “IdBlogNetwork Jalan-jalan Bareng Blogger ke Hong Kong Disneyland” pada 18-20 Maret 2011 lalu. Ya, selain akses khusus ke Hong Kong Disneyland selama dua hari penuh, saya dan blogger lainnya juga mendapat fasilitas menginap di Disney’s Hollywood Hotel yang masih berada di kawasan yang sama, Hong Kong Disneyland Resort.

Sementara untuk perjalanan Jakarta-Hong Kong pp (round trip), saya dan para blogger lain mendapatkan fasilitas terbang bersama Cathay Pacific, maskapai penerbangan kebanggaan Hong Kong. Total jumlah rombongan kali ini sebanyak 8 orang, terdiri dari 6 orang blogger (saya, Priyadi, Amril, Jauhari, Setyo, dan Isnuansa) dan 2 orang perwakilan IdBlogNetwork (Mubarika dan Radityo).

Berangkat dari Jakarta sekitar jam 00.10 WIB (18/3), penerbangan CX 798 dengan pesawat jenis Airbus A330-300 -yang cukup nyaman- memakan waktu sekitar 4,45 jam. Mendekati pukul 6 pagi waktu setempat, kami sudah menginjakkan kaki di Hong Kong International Airport (HKIA). Langit berawan dan udara dingin langsung menyambut kami. Suasana di bandara yang masih sangat sepi membuat suhu udara makin terasa dingin saja.

Meskipun masih pagi dan sepi, tapi suasana HKIA pagi itu tampak terang benderang, teratur, dan bersih. Terasa nyaman dan aman. Suasana yang sangat mendukung untuk memulai jalan-jalan di Hong Kong dengan penuh semangat, khususnya menikmati petualangan seru di Hong Kong Disneyland.

Oh ya, seharusnya dari bandara ke kawasan Hong Kong Disneyland kami bisa naik kereta Airport Express. Namun karena, menurut petugas bandara, keretanya baru beroperasi sekitar pukul 7 pagi maka kami memutuskan untuk naik taksi saja mengingat jaraknya yang tidak terlalu jauh. Apalagi kalau dihitung-hitung, biaya per orangnya tidak beda jauh dibanding naik kereta atau Mass Transit Railway (MTR) itu.

Di Disney's Hollywood Hotel

Dari bandara, kami terbagi dalam dua armada taksi yang masing-masing berisi 4 penumpang. Untuk perjalanan hingga ke hotel, total biayanya sekitar HKD 140, termasuk biaya bagasi HKD 5/potong dan tip untuk sopir.

Masuk ke lobi Disney’s Hollywood Hotel yang cukup mewah, suasananya juga tampak masih sangat sepi. Sama seperti di bandara dan jalanan yang kami lalui dengan taksi tadi. Setelah urusan administrasinya selesai, kami punya waktu untuk istirahat sejenak di kamar. Setiap kamar diisi oleh dua orang peserta. Untungnya kami mendapat kamar di lantai 1, yang menghadap ke taman, sehingga tidak perlu bolak-balik menggunakan lift.

Bersama Micky Mouse

Siangnya, setelah makan siang dengan menu Disney Signature Dim Sum di Crystal Lotus Restaurant, Hong Kong Disneyland Hotel (hotel lain milik Disneyland yang juga berada di kawasan yang sama), dimulailah pengalaman kami di Hong Kong Disneyland.

Asyiknya, selama berada di area Hong Kong Disneyland Resort, kita tidak perlu bingung soal transportasi. Untuk perjalanan dari hotel ke hotel maupun ke lokasi taman bermain, tersedia shuttle bus gratis yang berangkat pulang pergi setiap 10-15 menit sekali.

Bersama Daisy Duck

Yang istimewa di hari pertama, kami ditemani oleh dua orang pemandu sehingga kami bisa bertanya apa saja seputar taman bermain itu kepada mereka. Mereka sangat baik. Tidak hanya itu, kami juga mendapat fasilitas sebagai Star Guest untuk bisa menikmati berbagai layanan istimewa layaknya tamu VIP selama berada di Hong Kong Disneyland. Sebut saja seperti masuk lewat jalur khusus bebas antre di sejumlah wahana yang banyak peminatnya dan layanan spesial saat makan di restoran yang ada di dalam area. Bahkan ketika hendak menyaksikan salah satu atraksi andalan yaitu parade “Flights of Fantasy” yang berlangsung setiap sore sekitar pukul 15.30 waktu setempat, kami dipersilakan menontonnya dari area khusus yang bebas dari berdesak-desakan dengan pengunjung lain. Nice! 🙂

Flights of Fantasy Parade
Flights of Fantasy Parade. PHOTO: Benny Chandra

Di hari pertama yang diwarnai dengan hujan gerimis, selain menyaksikan parade “Flights of Fantasy” yang tergolong pertunjukan baru di Hong Kong Disneyland dalam rangka memeriahkan ulang tahunnya yang ke-5, kami juga sempat menonton film 4D “Mickey’s PhilharMagic”, pertunjukan “The Golden Mickeys”, “The Many Adventures of Winnie the Pooh”, dan menikmati petualangan menegangkan di wahana “Space Mountain”.

Mendekati pukul 8 malam, setelah menikmati makan malam yang mengenyangkan di Plaza Inn Restaurant, kami bersiap di area “Main Street, U.S.A” untuk menyaksikan salah satu pertunjukan andalan lainnya. Yaitu “Disney in the Stars” alias pesta kembang api yang menghiasi langit di sekitar Sleeping Beauty Castle mulai pukul 8 malam setiap harinya.

Disney in the Stars fireworks
Disney in the Stars fireworks. PHOTO: Benny Chandra

Karena terbatasnya waktu, ada beberapa wahana yang tidak sempat kami nikmati di hari pertama. Untunglah masih ada kesempatan di hari berikutnya.

"Disney in the Stars" fireworks
High School Musical: LIVE!

Di hari ke-2 (19/3), hujan sempat turun cukup deras dari pagi hingga menjelang siang hari. Bagusnya, setelah kami selesai makan di Enchanted Garden (Hong Kong Disneyland Hotel) dengan menu yang memuaskan, hujan sudah reda. Cuacanya mulai agak cerah saat kami kembali masuk ke lokasi Hong Kong Disneyland untuk melanjutkan petualangan dari hari sebelumnya. Beberapa wahana dan pertunjukan yang sempat saya nikmati di hari ke-2 di antaranya adalah “Buzz Lightyear Astro Blasters”, “It’s a Small World”, “High School Musical: Live!”, dan melihat-lihat suasana di area Adventureland.

Tidak lupa, saya menyaksikan lagi parade “Flights of Fantasy” dan pertunjukan kembang api “Disney in the Stars” yang keren itu. Saya juga berburu magical coin yang mesinnya tersebar di mana-mana dalam area taman hiburan itu. Menarik untuk dikoleksi, apalagi ada edisi 5th Anniversary-nya. 🙂

"Disney in the Stars" fireworks
Disney in the Stars fireworks. PHOTO: Benny Chandra

Meskipun akhirnya bisa menikmati hampir semua wahana dan pertunjukan menarik yang ada di Hong Kong Disneyland, rasanya masih belum puas bersenang-senang di tempat itu. Agak berat harus meninggalkan area bermain yang penuh dengan berbagai karakter lucu yang mengingatkan pada kenangan masa kecil itu. Semoga suatu saat saya bisa datang lagi bersama keluarga. Bisa dibilang, jalan-jalan di Hong Kong Disneyland kali ini merupakan sebuah pengalaman istimewa, seru, dan menyenangkan serta tak terlupakan. What a magical experience! See you soon! 🙂

Flights of Fantasy Parade
See you soon! PHOTO: Benny Chandra

Happy 5th Anniversary, Hong Kong Disneyland!