Niat Banget dan Niat 68%™

Menjadi pembicara pertama di acara pertama. Itulah yang saya alami dalam acara FreSh Surabaya edisi pertama yang diadakan minggu lalu (26 Mei 2010) di STIKOM Surabaya.

FreSh Surabaya

Ki-ka: Saya, Suko Widodo, Herman Kwok. Foto: Dok. FreSh Surabaya

Dimulai sekitar pukul 19.00 WIB, saya mendapat giliran berbicara duluan sebelum Suko Widodo (Dosen Unair) dan Herman Kwok (Perwakilan SemutApi / Kaskus). Di depan sekitar 170 peserta yang hadir malam itu, saya coba menjelaskan secara ringkas mengenai “Personal Branding via Blog.”

Dibantu dengan bahan presentasi yang baru selesai saya kerjakan satu jam sebelum berangkat ke lokasi acara, tidak banyak yang saya sampaikan mengingat waktu yang disediakan untuk setiap pembicara sebenarnya hanya 15 menit. Selain menjelaskan deskripsinya serta peranan blog sebagai media pribadi, saya menyebutkan ada dua tipe personal branding atau pencitraan diri lewat blog. Apakah itu? Niat Banget dan Niat 68%™.

FreSh Surabaya

Foto bersama setelah acara selesai. Foto: Dok. FreSh Surabaya

Mereka yang tergolong “niat banget” melakukan pencitraan diri lewat blog biasanya akan sering ngeblog secara teratur soal topik tertentu saja, punya konsep dan tujuan ngeblog yang jelas, rajin kopdar, sering lihat-lihat dan menulis komentar di blog lain, aktif di berbagai jejaring sosial, dan sebagainya.

Sementara mereka yang tergolong kurang niat banget atau niat 68%™ (sengaja saya pakai angka legendaris itu biar lebih gampang diingat… he he he), agak berbeda. Yang ditulis di blognya tidak hanya terbatas seputar topik tertentu saja, tidak punya konsep dan target tertentu dalam ngeblog, kurang rajin kopdar, jarang blogwalking, dan tidak terlalu aktif di jejaring sosial, namun cukup konsisten dan punya passion atau gairah untuk ngeblog.

Pada saat itu juga, sambil menyertakan beberapa apresiasi yang pernah saya terima karena ngeblog, saya berterus terang bahwa saya sendiri termasuk dalam golongan “niat 68%™ itu. :mrgreen: Bagaimana dengan Anda? 🙂

Print Friendly, PDF & Email