Perlukah Mengundang Blogger?

Sejak awal tahun ini hingga bulan lalu sejumlah blogger telah diundang secara resmi ke acara press conference peluncuran produk perusahaan otomotif, perusahaan ponsel, dan operator GSM baru di Indonesia. Meskipun yang diundang oleh perusahaan-perusahaan itu masih terbatas pada segelintir blogger saja, namun bagi kalangan tertentu, hal tersebut dianggap merupakan terobosan besar di bidang pemasaran. Bahkan sebuah perusahaan konsultasi pemasaran terkenal sampai merasa perlu memberikan penghargaan khusus kepada perusahaan otomotif itu atas inisiatifnya mengundang para blogger.

Kalau sedikit melihat ke belakang, sebenarnya melibatkan blogger dalam sebuah acara bukanlah hal yang baru di Indonesia. Setidaknya, sebelumnya sudah ada perusahaan lain di Indonesia yang melakukannya sebelum perusahaan otomotif, perusahaan ponsel, dan operator GSM itu. Sebut saja sebuah perusahaan kecap yang sudah beberapa tahun belakangan ini selalu mengadakan lomba bagi para blogger untuk menulis soal acara festival kuliner yang rutin diselenggarakan oleh mereka di beberapa kota di Indonesia.

Meskipun bukan yang paling pertama, bagaimanapun diundangnya para blogger ke acara peluncuran produk merupakan perkembangan yang cukup menarik untuk dicermati.

Hanya saja, agar mengundang blogger tidak menjadi sekedar tren sesaat, perlu dipikirkan kembali, apakah memang perlu mengundang para blogger ke sebuah acara peluncuran produk? Apakah ada manfaatnya? Apakah efektif?

Jawabannya bisa macam-macam, namun secara singkat bisa dikatakan bahwa semua itu tergantung pada tujuan pihak pengundang. Apakah ingin agar blogger yang datang menulis komentarnya soal produk yang diluncurkan tersebut, ingin blogger menulis soal pernak-pernik acara tersebut, atau sekadar ingin mengajak makan-makan atau kumpul-kumpul saja dengan para blogger? 🙂

Print Friendly, PDF & Email