9 Peristiwa Menarik di Dunia Internet Indonesia 2008

Tahun 2008 memang telah lewat dan sekarang sudah masuk ke tahun 2009 hari ke-5. Tapi kalau diingat-ingat, ada sejumlah peristiwa menarik di dunia internet Indonesia yang terjadi tahun lalu. Apa saja? Menurut saya sih setidaknya ada sembilan. Silakan disimak.

  1. Bermunculan Layanan Koneksi Internet Unlimited
    Pertengahan tahun 2008 layanan XL Unlimited boleh saja resmi dihentikan, tapi di sisi lain muncul paket Telkomsel Flash Unlimited dan disusul dengan Indosat 3.5G Unlimited serta IM2 Broom Unlimited. Sementara operator selular lainnya nampaknya masih agak malu-malu untuk ikut menawarkan paket koneksi internet unlimited. Kebanyakan masih sibuk dengan promosi paket bicara dan SMS gratis.

  2. Demam Seleb Ngeblog
    Tahun 2008 bisa dibilang puncaknya para seleb Indonesia rame-rame ngeblog. Sejumlah seleb Indonesia yang terlihat mulai ngeblog pada tahun 2008 di antaranya adalah Dian Sastrowardoyo, Wulan Guritno, Sandra Dewi, Christian Sugiono, Butet Kartaredjasa, Nadine Chandrawinata, dan Luna Maya. Bisa jadi semakin ramainya para seleb ngeblog di tahun 2008 lalu karena dipicu oleh ‘persaingan’ sejumlah media. Setidaknya terlihat detikcom (lewat Blog Detik), Kapan Lagi, dan Kompas.com (lewat SelebTV) seperti bersaing menawari para seleb untuk ngeblog menggunakan subdomain dari masing-masing media tersebut. Makanya jangan heran kalau blog Wulan Guritno bisa berganti alamat. 🙂

    Link terkait:
    http://bennychandra.com/2008/01/30/blog-dian-sastrowardoyo/
    http://thomas.or.id/proses-disain-blog-dian-sastrowardoyo/

  3. Bermunculan Penyedia Layanan Blog Gratis Indonesia.
    Setelah akhir tahun 2007 Bedeng.com menawarkan layanan blog secara gratis, setidaknya ada dua penyedia layanan serupa yang diluncurkan pada awal 2008 lalu. Dan entah kebetulan atau janjian, munculnya hampir bersamaan. Blog Detik pada 3 Februari 2008 dan dagdigdug pada 4 Februari 2008. Dan kebetulan juga atau tidak, sejumlah pendiri dagdigdug ternyata adalah mantan orang detikcom. Mungkin memang sehati? 🙂

    Link terkait:
    http://ndorokakung.com/2008/02/04/dagdigdug-pecas-ndahe/

  4. UU ITE Disahkan.
    Pada 25 Maret 2008, DPR mensahkan Rancangan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (RUU ITE) menjadi UU ITE. Meskipun mengusung kata-kata “Informasi dan Transaksi Elektronik,” nampaknya yang lebih disemangati oleh para pejabat terkait adalah soal pengaturan, pengawasan, dan pembatasan “Informasi Elektronik”. Soal “Transaksi Elektronik” seperti agak terlupakan…

    Link terkait:
    http://cacianqalbukunderemp.blogspot.com/2008/04/…

  5. YouTube Diblokir.
    Tidak lama setelah disahkan, UU ITE langsung memakan korban.
    Pada 7 April 2008, ada kabar bahwa YouTube tidak bisa diakses dari Indonesia karena diblokir oleh semua ISP yang ada di Indonesia berdasarkan surat perintah dari pejabat terkait adanya sebuah film yang dinilai menyinggung agama tertentu di YouTube. Mungkin karena dalam isi surat itu ada perintah “untuk melakukan pemblokiran pada situs maupun blog yang melakukan posting film Fitna tersebut” maka sejumlah ISP mengambil langkah aman: semua situs yang dianggap memuat video tersebut langsung diblokir. Hasilnya, tidak hanya YouTube yang tidak bisa diakses tapi juga sejumlah situs web kondang lain seperti MySpace, Metacafe, Rapidshare, dan bahkan juga Multiply. Meskipun akhirnya aksesnya dibuka kembali, namun tindakan pemblokiran itu disayangkan oleh banyak pihak karena dianggap main hantam kromo.

    Link terkait:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Blocking_of_YouTube
    http://ndorokakung.com/2008/04/05/kegelapan-pecas-ndahe/
    http://romisatriawahono.net/2008/04/08/…
    http://media-ide.bajingloncat.com/2008/04/08/…

  6. Blogger Difitnah.
    Apakah masih ada yang belum tahu atau pura-pura belum tahu apa itu blogger? Mungkin perlu nongkrong bareng dengan seorang tokoh yang pada sekitar akhir Maret 2008 tiba-tiba ngotot menuduh blogger sebagai penjebol sejumlah situs. Masih kurang puas, dia juga menuding langsung beberapa blogger sebagai blogger negatif. Ketika diminta klarifikasinya dalam pertemuan antara sejumlah blogger yang diwakili oleh Riyogarta dengan tokoh itu di Universitas Budi Luhur, Jakarta, eh ujung-ujungnya dia malah menyalahkan media.

    Sebelumnya, masih dalam tahun yang sama, dia mencap blogger adalah tukang tipu. Entah salah kutip lagi atau tidak.

    Link terkait:
    http://priyadi.net/archives/2008/04/03/blogger-negatif/
    http://bloggerdanhacker.wordpress.com/
    http://ndorokakung.com/2008/04/07/family-pecas-ndahe/
    http://riyogarta.com/2008/04/12/laporan-dialog-terbuka/
    http://blog.adypermadi.com/2008/04/02/ …
    http://harry.sufehmi.com/archives/2008-04-11-1634/
    http://dendemang.wordpress.com/2008/04/11/…
    http://chickenstrip.wordpress.com/2008/04/10/…

  7. Demam Plurk.
    Twitter boleh sangat berjaya di di luar sana, tapi di Indonesia? Sepertinya Plurk adalah juaranya untuk demam microblogging. Saking mewabahnya, sampai ada yang ‘menuduh’ demam Plurk sebagai penyebab banyak blogger Indonesia yang jadi malas ngeblog belakangan ini. Tepatnya sejak hadirnya Plurk sekitar bulan Mei 2008.

    Link terkait:
    http://chickenstrip.wordpress.com/2008/07/15/…
    http://nurudin.jauhari.net/sudahkan-anda-plurk-hari-ini.jsp
    http://andryshuzain.com/journal/blog-is-dead

  8. Blog Mulai Dilirik Perusahaan Indonesia
    Di tahun 2008 lalu mulai ada sejumlah perusahaan yang ‘melirik’ para blogger. Bentuknya mulai dari mengundang sejumlah blogger untuk datang ke press conference, memasang iklan di sejumlah blog, mengadakan lomba khusus bagi para blogger, dan sejenisnya. Akankah di tahun 2009 ini hubungan itu bisa berlanjut lebih mesra atau itu hanya sekedar hubungan uji coba? 🙂

    Link terkait:
    http://media-ide.bajingloncat.com/2008/11/18/…
    http://jalansutera.com/2008/07/08/jika-blogger-diundang/

  9. Insiden Publikasi Data Pribadi Siswa Indonesia.
    Apa yang terjadi bila data penting dikelola oleh pihak yang kurang memperhatikan sisi keamanannya? Itulah yang disoroti oleh sejumlah blog dan media pada bulan Oktober 2008 mengenai sempat bisa dengan mudahnya orang mengunduh data siswa secara lengkap (termasuk alamatnya) dari situs Departemen Pendidikan Nasional. Sayangnya, tanggapan dari pihak terkait, Kepala Pusat Infomasi dan Humas Diknas Muhajir, malah memprihatinkan.

    Bahkan, ditakutkan akan muncul peluang terjadinya kasus penculikan siswa sekolah hingga kejahatan seksual pada anak-anak.

    Menanggapi hal itu, Muhajir mengatakan, kekhawatiran dari para blogger ini adalah masukan yang bagus dan bakal segera dikoordinasikan dengan unit terkait.

    Tapi ini kan masih sebatas kekhawatiran, sudah terbukti belum? Kalau sudah terbukti silahkan diinformasikan, kami di diknas siap menampung keluhan,” tandasnya.
    Sumber: detikInet.

    Link terkait:
    http://treespotter.blogspot.com/2008/10/…
    http://treespotter.blogspot.com/2008/10/…
    http://www.budiputra.com/2008/10/10/…
    http://fokus.dagdigdug.com/2008/10/13/…
    http://khalidmustafa.info/?p=492
    http://antyorentjoko.kompasiana.com/2008/10/11/…
    http://www.detikinet.com/read/2008/10/13/…
    http://www.detikinet.com/read/2008/10/13/…

Oh ya, selamat tahun baru 2009! 🙂

Print Friendly, PDF & Email

Baca juga:

12 comments on “9 Peristiwa Menarik di Dunia Internet Indonesia 2008

  1. Prkembangn terbaru, langsung saya kutip dari guardian.co.uk/:
    “BlackBerry maker agrees to Indonesian net filters, BlackBerry maker RIM given two weeks to block access to online pornography after Indonesia warned that users’ internet access would be ‘shut down’ if the company failed to comply …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *